Suatu Saat Nanti

Jika nanti aku sudah menjadi seorang ibu, aku ingin bisa melindungi anakku dari tatapan-tatapan manusia di dunia maya. Aku tak ingin –wajah– anakku menjadi konsumsi publik –meski di lingkaran-lingkaran pertemanan kami.

Tak apa ia tidak menjadi perbincangan orang-orang karena raut wajahnya yang menggemaskan tak tertangkap kamera. Tak mengapa ia tak menjadi buah bibir khalayak –media sosial– karena tingkahnya yang lucu terekam dunia maya. Tak masalah, sepanjang ia bertumbuh kembang dengan pemahaman-pemahaman yang baik.

Ketika nanti Tuhan sudah mempercayakan aku menjadi seorang ibu, aku ingin anakku nanti bisa mengerti bahwa atensi manusia bukanlah segalanya. Bahwa prestasi yang ia capai nanti tak untuk mendapat pengakuan manusia, tapi agar menjadi sebaik-baik manusia.

Tak apa ketika beranjak muda ia tak menjadi perbincangan orang-orang atas ketenaran–akun instagram–nya, sepanjang ia bisa bermasyarakat dengan baik–nan nyata. Tak mengapa ia tak masuk dalam golongan anak hits millenial, karena aku tahu aktivitasnya lebih banyak menyita waktunya daripada bermedia sosial. Tak masalah ia tak dikenal banyak orang karena followersnya yang beribu-ribu, karena aku tahu ia lebih disibukkan oleh kebaikan dan kebermanfaatan yang ia tebarkan.

Kini aku mengerti, jika aku tak ingin wajahku terpampang di sana, tentu aku tak ingin gambaran anakku sendiri aku umpankan di sana. Bukankah segala yang terbaik nan mahal selalu tersimpan dan tersembunyi dengan baik? Pun aku memahami, bahwa penyakit-penyakit ain bisa muncul lantaran kekaguman atas sesuatu–dan seseorang– terlepas dari sebaik apapun niat itu sendiri. Dan aku sama sekali tidak mau bermain api. Tak ada asap jika tak ada api, bukan?

Suatu saat nanti, semoga tulisan ini menjadi pengingat diri untuk tidak “memamerkan” si buah hati. Suatu saat nanti.

Dicatat sebagai kontemplasi atas fenomena bayi-bayi hits instagram (wk!).

Gombong, 07 Mei 2017.

Lego, mahasiswa –calon ibu– rumah tangga.

Leave a Reply

