Hujan juga Punya Beda

Pernah tidak, kamu merasa suka (akan sesuatu) sekaligus takut dalam waktu yang bersamaan? Rasa bahagia membuncah dalam hati, namun rasa takut juga hinggap di dada.

Aku pernah!

Aku suka hujan. Aku sangat menikmati hujan-hujanan –yang mungkin bagi kalian terlihat sangat kekanakan. Aku menunggu saat-saat gerimis tiba-tiba mengguyur dan aku tak menemukan payung di tasku. Wangi tanah yang berbaur air hujan tak pernah gagal membuat mata memejam dan hati melapang. Lalu senyumku akan mengembang sepanjang perjalanan. Tak sedikitpun terganggu dengan rintik air yang membasahi kerudung dan baju kurungku. Tak apa kaos kakiku menjadi basah terkena cipratan air hujan. Tak lagi ku pedulikan tatapan-tatapan heran yang tertuju padaku.

Tapi, aku takut pada suara hujan yang menderas. Aku takut ketika hujan tiba-tiba datang dan mendarat di atap-atap rumah atau jalanan dengan kencang. Seolah langit sedang menghukumku melalui tangan-tangan hujan. Seolah penduduk langit sedang meneriakiku dengan suara-suara hujan.

Terlebih jika kilat dan petir turut serta menampakkan diri, aku akan menjadi penakut ulung. Tak akan bisa lagi berpura-pura kuat, seolah tak terjadi apa-apa. Keberanianku akan tercecer berantakan, tak bersisa sedikitpun. Air mataku juga menjadi lebih banyak terproduksi, mudah meleleh, menganak-sungai di pipi.

Aku tak tahu apakah aku lebih menyenangi hujan dibanding takut padanya. Ada kalanya aku menyukai hujan dan rasa takut itu tak datang barang sedikit; saat gerimis berderai-derai, misalnya. Di saat yang lain aku tak berani berjumpa hujan secara langsung, menengadahkan tangan dan bersentuhan dengannya; ketika petir ada bersamanya.

Aku pikir, kedua rasa itu ada untuk saling menyeimbangkan. Tidak berlebihan untuk menyukai, juga tidak berlebihan tenggelam dalam rasa takut. Aku pikir, kedua rasa itu harus ada agar menyadari bahwa segala sesuatu memiliki dua sisi yang bisa jadi berkebalikan. Pun aku belajar darinya bahwa hujan tak sama di setiap musim.

Hujan juga punya beda.

 

Aku,

yang menyukai hujan.

 

 

Leave a Reply

