Masa Depan

Masa depan siapa yang punya?

Pernah beberapa teman berseloroh, “Kalau kamu bisa jodoh sama dia dijamin masa depan cerah, Go.” Teman yang lain menimpali, “Iya, Go. Terima aja. Masa depan cerah. Terima ya?” Aku tahu mereka bercanda. Tapi candaan mereka membuatku berpikir banyak. Tentang masa depan, tentang masa yang akan datang. Masa depan siapa yang punya?

Menurutku setiap orang berhak memiliki masa depan yang cerah, juga mengusahakan yang terbaik demi masa depan yang cerah. Apa sih definisi masa depan yang cerah? Kebahagiaan, bukan? Lantas, kunci kebahagiaan ada dimana? Di hati. Bagaimana bisa mencapai kebahagiaan? Yap! Bersyukur. Itu kuncinya. Setidak cerah apapun masa depan seseorang nantinya (menurut penilaian orang lain), asalkan dia pandai bersyukur dia tetap bahagia kok. Lagipula kebahagiaan tidak pernah bisa diukur dengan mata. Bahagia bukan melulu tentang hal-hal yang dzahir dan duniawi.

Ada dua hal penting lainnya yang dapat aku pelajari dari sini. Tentang pencapaian, dan pandangan orang lain terhadap diri kita sendiri. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Setuju? Bagaimana pencapaian kita nantinya akan selalu sebanding dengan apa yang kita upayakan. Allah Maha Melihat dan Maha Adil kok. Tak akan bisa orang lain melihat pencapaian orang lain sebagai kegagalan. Siapa yang tahu bahwa itu bukanlah pencapaian akhir yang menjadi tujuan hidupnya? Toh, siapa kamu berani judging pencapaian orang lain? Kita juga tak pernah tahu apa tujuan sebenarnya orang lain, bukan?

Yang kedua tentang pandangan orang lain. Orang lain tidak memiliki hak akan hidup kita kok haha. Untuk apa mendengarkan celotehan orang lain tentang hidup kita sedang mereka tidak mengenal kita? Bukankah yang sejatinya mengenal diri kita adalah diri kita sendiri dan Allah saja? Tak perlu lah menghabiskan waktu berharga kita untuk mendengarkan apa kata mereka. Tentang berhasil atau tidaknya, Allah lebih tahu juga apa yang terbaik untuk diri kita. Cukup.

4 Desember 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s