Kalah dan Salah

Kalah dan salah. Dua hal yang sepertinya sangat sulit untuk kita akui ada pada diri kita –aku lebih tepatnya. Padahal dunia tak selalu bisa kita menangkan, dan benar salah tak melulu berpihak pada kita. Malah, kita lah yang seharusnya berpihak pada kebenaran. Tapi, harga diri tak semudah itu mengizinkan kita mengaku kalah, pun ego enggan mengaku salah.

Kita lupa bahwa mengakui kekalahan dengan ikhlas tak melulu berarti kita rendah. Hanya yang berhati luas yang mampu mengaku kalah. Ingatlah bahwa kita diberi pembelajaran dari iblis yang tak mau mengaku kalah terhormat dibanding manusia hanya karena iblis diciptakan dari api sedang manusia diciptakan dari tanah. Apakah benar, hanya karena merasa diri kita dilebihkan atas yang lain lalu menjadikan sulit untuk mengakui kekalahan?

Kita masih lupa bahwa benar salah tak bisa dipaksakan adanya. Tak boleh kita menutup diri dari kebenaran, juga mengingkari kebenaran itu sendiri. Kita banyak belajar dari kisah-kisah di masa lampau tentang orang-orang yang enggan menerima kebenaran. Fir’aun yang tak mau “disalahkan” bahwa dia bukanlah tuhan semesta alam, Abu Lahab yang tak mau mengakui kebenaran yang dibawa keponakannya, juga Abu Thalib yang meskipun selalu membela Rasulullah tapi tak juga mengakui dengan lisan kebenaran yang dibawa Baginda.

Tak habis kita berdoa agar hati selalu bisa melihat cahaya (kebenaran). Kita selalu bisa memilih untuk mempercayakan cahaya tersebut menuntun jalan kita atau tersesat dalam kegelapan. Bukankah tujuan kita adalah untuk memenangkan perjalanan ini?

Jadi, jangan takut mengaku kalah. Hanya yang berhati luas yang bisa melakukannya. Jangan takut mengaku salah. Hanya yang berjiwa besar yang bisa melakukannya 🙂

Ditulis untuk project A Piece of Sisterhood, 20 April 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s