Hadiah.

Nggak ada hadiah yang nggak istimewa. Setiap hadiah pasti berkesan, baik bagi penerimanya, maupun bagi yang memberi.

Sedari kecil aku diajarkan untuk selalu berbagi. Bapak dengan nasihat-nasihatnya tentang berbagi dan karakternya yang tak segan turun tangan membantu orang lain, Mama yang tak pernah absen menyuruhku mengantar makanan ke tetangga-tetangga, juga kakak-kakakku yang selalu mengikutsertakan aku ketika mereka sedang menyiapkan hadiah. Hingga mau tidak mau aku terbiasa untuk berbagi (hadiah).

Kini aku tahu bahwa berbagi -membagi hadiah- itu selalu menyenangkan. Terlebih jika aku menyiapkannya sendiri, akan jadi sangat menyenangkan. Benar bahwa bahagia itu menular dan bisa berlipat ganda. Bagi yang menerima, rasa bahagia karena mendapatkan unexpected gift itu spesial sekali. Namun, rasa bahagia yang membuncah demi melihat orang lain bahagia karena hadiah kita itu tak tergantikan.

Bagi setiap orang, seberapa istimewa sebuah hadiah bisa jadi berbeda-beda. Aku yang menikmati membaca akan sangat bersyukur jika ada yang menghadiahiku buku, apalagi nggak hanya satu. Teman sekelas yang duduk di sebelahku akan sangat senang jika diberi hadiah berupa lipstik, dengan merk dan shade tertentu pula. Jangan tanya shade lipstik itu apa, aku pun tidak tahu.

Akan tetapi, apapun itu, sesederhana apapun ia, setiap hadiah selalu bisa memberi alasan untuk bersyukur. Bersyukur karena mendapatkan rezeki tak terduga, juga bersyukur karena bisa menjadi alasan bagi orang lain untuk tersenyum -bahagia.

Jakarta, 26 Januari 2017

Lego -yang masih nggak bisa bedain lipstik warna maroon dan burgundy.

Leave a Reply

