Percaya

Aku yakin setiap orang butuh dipercaya, sebagaimana kita butuh mempercayai orang lain. Kenapa? Karena sebagian percaya diri seseorang bisa tumbuh karena dipercaya. Karena ia bisa menjadi semangat yang tak akan ada habisnya. Sesuatu yang menjadi pemicu untuk berbuat semaksimal mungkin apa yang bisa dilakukan.

Dua tahun lalu, saat pengalamanku masih saat minim, sangat buta tentang hal-hal berbau administrasi, aku mendapat amanah untuk menjadi sekretaris di suatu UKM Media Kampus. Allah, siapa lah aku, bagaimana aku sanggup menjalankan amanah seberat itu. Sungguh masih banyak orang lain yang layak untuk menduduki posisi itu. Mereka yang lebih kompeten, pun dapat diandalkan. Awalnya aku menolak amanah tersebut, sungguh aku tidak bisa.

Tapi, tahukah apa yang teman-teman katakan?

“Ayolah, aku percaya kamu bisa. Kami percaya kamu bisa.”

Deg! Ada sesuatu yang langsung bekerja dalam benakku. Mengapa mereka begitu mudah percaya padaku? Mengapa aku? Apakah aku sungguh dapat mereka percaya untuk menjalankan amanah itu? Aku tak memiliki waktu lama untuk berpikir, mereka menunggu jawabku. Hingga akhirnya ku beranikan diri untuk mengiyakan, Insya Allah bisa.

Tahukah, karena dipercaya, aku tahu bahwa aku tak boleh mengecewakan mereka. Karena dipercaya, aku tahu bahwa aku memiliki kemampuan untuk menjalankan semua ini meskipun aku juga tahu bahwa perjalanan ini tak akan mudah. Karena dipercaya, aku tahu bahwa aku tak boleh menyiakan kesempatan yang mereka berikan. Karena dipercaya, aku tahu bahwa aku harus bertanggung jawab -pada Allah, pada mereka.

Hingga beberapa bulan setelahnya, ketika satu demi satu kesulitan menghampiri, tubuh didera kelelahan, kalimat itu pula yang selalu berhasil mengisi sumbu semangat. “Semangat, Go!  Aku percaya kamu bisa.” Orang lain saja percaya, kenapa aku justru ragu dan mengeluh?

Satu kalimat yang entah disadari entah tidak, entah diingat entah sudah dilupakan, tapi membuatku belajar bahwa menjadi dipercaya merupakan suatu hal yang penting. Setidaknya bagiku.

 

Jakarta, 21 Januari 2017

 

Leave a Reply

