Hujan, Bolehkah?

Hujan, aku merindukanmu. Bolehkah? Iya, bahkan aku tetap merindukanmu ketika kau sudah turun di sini, tepat di sampingku.

Hujan, maukah kau temani aku melewati masa-masa ini? Sepertinya musim penghujan belum mau beranjak dari sisi. Mendung terus saja menggelayut manja. Angin enggan membawanya pergi. Pun matahari masih nyaman bersembunyi di balik awan-awan yang bergulung, bermalas-malasan untuk tunjukkan kuasanya atas siang.

Jika suatu saat kau tanyakan bagaimana cuacaku, aku akan mantap menjawab, “Cuacaku abu-abu.” Tak ada lagi aku yang membiru, menyala. Jangan kau tanyakan kemana perginya. Sebab aku pun tak tahu jawabnya. Sudah lama aku tak bisa menikmati birunya langit, yang memandanginya saja membuat nyaman, lantas tawaku bisa lepas.

Hujan, bisakah kau beritahu padaku bagaimana mengeringkan kenangan yang terlanjur menggenang di musim ini? Kemanapun aku melangkah, kakiku selalu menjejak genangan-genangan itu. Ke depan, belakang, berbelok ke kanan, kiri, kakiku tetap basah olehnya. Merepotkan sekali. Karena mataku akan berair ketika melihatnya. Seketika itu juga sesuatu dalam diriku bergemuruh, mendung semakin pekat. Lantas kau turun, menangis bersamaku. Menghujani luka yang menghujam di dalam sini.

Mungkin kau akan menceritakan padaku kisah tentang waktu yang akan mengeringkan luka dan membawa harapan-harapan baru seperti fajar di pagi hari. Seperti yang sudah-sudah. Lantas bolehkah aku meminta padamu untuk membujuk agar waktu mau mempercepat langkahnya untukku? Aku sudah lelah, nyalaku tak akan bisa membendungnya lagi.

Hujan, tetaplah di sini. Bolehkah?

 

Jakarta, 8 Agustus 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s